Animasi Komputer – Fantasi yang Menjadi Kenyataan

Author:

Animasi komputer (juga disebut animasi digital) adalah teknik membuat gambar bergerak melalui penggunaan komputer. Semakin, grafik dibuat dalam 3D, tetapi grafik 2D masih digunakan secara ekstensif untuk koneksi lambat dan aplikasi waktu nyata yang perlu dirender lebih cepat.

Kadang-kadang tujuan animasi adalah komputer itu sendiri, yang lain mungkin sarana lain, seperti film. Desain dibuat dengan bantuan perangkat lunak desain, pemodelan, dan akhirnya rendering.

Untuk menciptakan ilusi gerakan, gambar yang ditampilkan dengan cepat diganti dengan gambar baru dalam bingkai yang berbeda. Teknik ini identik dengan cara mencapai ilusi gerakan di film dan di televisi.

Untuk animasi 3D, objek dimodelkan di komputer (pemodelan) dan gambar 3D digabungkan dengan kerangka virtual (tulang). Untuk membuat model wajah 3D karakter tubuh, mata, mulut, dll. lalu menganimasikan pengontrol animasi. Akhirnya, animasi dirender.

Dalam sebagian besar metode animasi komputer,anime lovers apk  seorang animator menciptakan representasi anatomi karakter yang disederhanakan, sehingga lebih sedikit kesulitan untuk dianimasikan. Dalam karakter berkaki dua atau berkaki empat, banyak bagian kerangka karakter yang sesuai dengan tulang. Animasi dengan tulang juga digunakan untuk menganimasikan hal lain, seperti ekspresi wajah, mobil atau objek lain yang ingin memberikan gerakan.

Sebaliknya, jenis animasi lain adalah penangkapan gerak yang lebih realistis, yang mengharuskan aktor mengenakan setelan khusus yang dilengkapi dengan sensor, gerakannya ditangkap oleh komputer dan kemudian dimasukkan ke dalam karakter.

Untuk animasi 3D, bingkai harus dirender setelah model selesai dibuat. Untuk animasi vektor 2D, proses rendering adalah kunci untuk hasilnya. Untuk rekaman yang direkam sebelumnya, bingkai diubah ke format atau media yang berbeda sebagai film atau video digital. Frame dapat dirender secara real time, sementara ini disajikan kepada pengguna akhir. Animasi untuk disiarkan melalui Internet pada bandwidth rendah (misalnya Flash 2D, X3D) menggunakan program di komputer pengguna untuk membuat animasi waktu nyata sebagai alternatif untuk transmisi dan animasi yang dimuat sebelumnya untuk tautan berkecepatan tinggi.

Contoh sederhana

Kami memilih wallpaper sebagai hitam. Dalam hal ini, Anda menggambar seekor kambing di sisi kanan layar. Langkah selanjutnya adalah merelokasi black screen dan meletakkan kambing pada posisi agak ke kiri dari posisi semula. Proses ini diulangi dengan menggerakkan kambing sedikit ke kiri setiap kali. Jika proses ini diulang cukup cepat kambing tampak bergerak mulus ke kiri. Prosedur dasar ini digunakan untuk semua animasi yang dibuat dalam film dan televisi.

Kambing yang sedang bergerak adalah contoh cara mengubah letak suatu benda. Transformasi yang lebih kompleks dari properti objek seperti ukuran, bentuk, atau efek cahaya warna, dan perhitungan rendering yang diperlukan oleh komputer daripada prosedur sederhana untuk menduplikasi atau menggambar ulang gambar.

Penjelasan

Untuk mengelabui mata dan otak untuk berpikir bahwa seseorang sedang mengamati objek yang bergerak, gambar harus ditampilkan sekitar 12 frame per detik atau lebih cepat (frame adalah gambar yang lengkap). Dengan kecepatan hingga 70 frame / detik, Anda tidak akan melihat peningkatan realisme atau kelancaran dalam pergerakan gambar karena cara mata dan otak memproses gambar. Pada kecepatan di bawah 12 frame / detik kebanyakan orang dapat mendeteksi kedipan tepat waktu untuk menampilkan urutan gambar dan menjatuhkan ilusi gerakan realistis.

Animasi konvensional yang dibuat dengan tangan, biasanya menggunakan 15 frame / detik untuk mengurangi jumlah gambar yang diperlukan, tetapi ini biasanya diterima karena sifat kartun. Oleh karena itu, untuk membuat animasi komputer yang realistis dibutuhkan jumlah frame/detik yang lebih banyak.